Skip to main content
Kegiatan

Tradisi Agung Kepemimpinan Nusantara

31 August 2019 SETYO HAJAR DEWANTORO No Comments

Pemimpin, adalah pembangun visi, teladan tentang hidup yang penuh karya, penggerak dan pemandu menuju kesempurnaan bersama. Ada pemimpin yang menjalankan fungsi kepemimpinan secara efektif, tanpa jabatan formal dan secara kertas legalitas. Mereka adalah pemimpin komunitas yang natural, tetua, yang dituakan, yang menjadi pemimpin karena kualitas individu yang benar-benar menginspirasi. Yang seperti ini memang dilahirkan, kualitas kepemimpinannya diasah oleh kehidupan. Sebagian pemimpin lainnya berkiprah atas dasar penetapan, dilandasi selembar kertas legalitas, mereka ditempatkan pada posisi kepemimpinan dalam organisasi yang formal. Ada, sebagian mereka yang bisa memimpin secara efektif, ada juga yang gagal karena kualitas diri tak selaras dengan jabatannya.

Restu Semesta

Dalam tradisi Nusantara, para pemimpin hebat muncul sebagai kombinasi dari talenta dan penggemblengan. Mereka yang bertalenta dipandu untuk meningkatkan kualitas diri melalui serangkaian tapa brata dan pembelajaran tentang seni kepemimpinan. Aspek spiritualitas, menjadi landasan untuk membangun kualitas kepemimpinan terbaik. Rumusnya sederhana, pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang telah terhubung dengan Diri Sejatinya, telah hidup dalam kesadaran yang murni, melangkah tertuntun oleh kebijaksanaan tertinggi, diliputi kasih, damai dan bahagia lalu memancarkan vibrasi itu.

Pemimpin yang berhasil memajukan komunitas, negara, organisasi, umumnya memangg mereka yang bisa menjalankan peran sebagai pengayom, pembimbing sekaligus inspirator bagi yang dipimpin. Rasa hormat kepadanya tumbuh secara natural, kharisma memancar dari relung jiwa. Merekalah yang memiliki kualitas sebagai Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu.

Untuk mencapai kualitas ini, mereka yang hendak menjalankan peran sebagai pemimpin perlu membangun keselarasan dengah mikrokosmos,, maka muncullah apa yang disebut sebagai Hastabrata. Ini adalah tentang bagaimana kualitas 8 elemen jagad raya tumbuh di dalam diri.

Apakah Anda siap menjadi pemimpin yang hebat? Anda yang memilih.

Jiwa Agung. Kepemimpinan Agung

Share:
×

Rahayu!

Klik salah satu tim kami dan sampaikan pesan Anda

× Hai, Kami siap membantu Anda