Program Kegiatan Persaudaraan Matahari

Kegiatan Persaudaraan Matahari mencakup hal berikut:

A. PEMBELAJARAN SPIRITUAL

Pembelajaran spiritual yang dilaksanakan di Persaudaraan Matahari bertujuan membantu setiap diri untuk bertransformasi menjadi jiwa ilahi, dengan dasar pemurnian jiwa secara paripurna melalui jalan keheningan.

Pembelajaran dilakukan melalui Kajian berkala 1 bulan sekali dengan durasi 3-4 jam. Selain ada wedaran, tanya jawab, juga dilaksanakan meditasi bersama secara terbimbing. Narasumber sekaligus pemandu meditasi dalam kajian adalah Setyo Hajar Dewantoro. Saat ini kajian 1 bulan sekali dilaksanakan di Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Kajian bulanan berbahasa Inggris juga dilaksanakan 1 bulan sekali di Naya Veda Vastu Tampaksiring Bali. Kajian berbasis komunitas juga dilaksanakan secara berkala seperti di Batuwarno Wonogiri.

Pola pembelajaran berikutnya adalah Workshop yang berdurasi 1-2 hari @ 8 jam. Workshop mendalami berbagai tema spiritual secara lebih intensif dan mendalam. Workshop ini juga dipandu oleh Setyo Hajar Dewantoro. Selain dilaksanakan di kota-kota tempat kajian, daerah lain yang secara berkala menggelar workshop adalah Blitar, Medan dan Pringsewu Lampung.

Kegiatan berikutnya adalah Retreat yang berdurasi 3 hari, dilaksanakan di tempat-tempat yang merupakan mandala atau pusat energi kosmik. Sepanjang 2020-2021, retreat berhasil di jalankan di Puncak Bogor, Salatiga dan Dieng Jawa Tengah dengan diikuti 80-130 peserta. Retreat memberi kesempatan belajar yang lebih intensif kepada peserta, memungkinkan setiap pejalan saling berbagi pengalaman dan saling mendukung.

Pola pembelajaran lainnya adalah bimbingan secara personal baik secara tatap muka maupun daring yang dilaksanakan oleh para pembelajar yang dinyatakan oleh Setyo Hajar Dewantoro telah mencapai level pencerahan minimal.

Bimbingan lewat grup WA dan Telegram juga dilaksanakan oleh Setyo Hajar Dewantoro dan Tim.

B. KAMPANYE BUMI SURGAWI

Kampanye atau edukasi tentang visi Bumi Surgawi dan jalan untuk mencapainya, dilaksanakan melalui sosial media, web dan e-magazine. Tercakup dalam kegiatan ini adalah penyebarluasan ajaran kebijaksanaan kuno yang diungkap kembali oleh Setyo Hajar Dewantoro.

C. AKSI MENUJU BUMI SURGAWI

PERSAUDARAAN MATAHARI juga membentuk sayap aksi di ranah sosial politik dalam bentuk Perkumpulan Pusaka Indonesia Gemahripah dan Garda Pembela NKRI. Juga didirikan berbagai unit bisnis untuk menopang pencapaian tujuan persaudaraan, antara lain: CV. Mahadaya Nusantara yang bergerak di bidang Penerbitan, PT. Bumi Nusantara Gemahripah yang bergerak di bidang Agrobisnis dan The Avalon Consulting yang bergerak di dalam konsultansi dan pelatihan kepemimpinan.

PERSAUDARAAAN MATAHARI mendorong para pembelajar untuk berkiprah memberi solusi pada tantangan kehidupan yang nyata, melalui karya di bidang seni, penyembuhan holistik, pengelolaan sampah, pertanian biodinamik, teknologi tepat guna, dan semacamnya.

Jadwal Kegiatan
Persaudaraan Matahari