MAHAGURU

Setyo Hajar
Dewantoro

Pendiri dan Ketua Persaudaraan Matahari

Setyo Hajar Dewantoro

Biography

Lahir di Magelang 13 Juli 1974. Kini menjalankan peran sebagai Guru Meditasi/Pembimbing Spiritual, Spiritual Healer, Penulis Buku sekaligus aktivis sosial politik. Kegiatan pengajaran dan bimbingan meditasi/spiritual dijalankan melalui Persaudaraan Matahari (dulu Mahadaya Institute/Komunitas Suwung) yang mengelola pelaksanaan kajian, workshop dan retreat yang ia pandu. Sementara aksi sosial politik untuk merealisasikan visi Indonesia surgawi, diwadahi dalam Perkumpulan Pusaka Indonesia Gemahripah dimana ia menjadi Pendiri dan Ketua Umum.

Setyo Hajar Dewantoro

Setyo Hajar Dewantoro menggeluti dunia spiritual secara intensif sejak 2008, mempelajari dan mempraktikkan banyak tradisi spiritual. Hingga kemudian sejak 2016, lebih banyak mengikuti alur yang dituntunkan Diri Sejati dan merealisasikan kebijaksanaan kuna yang sudah terekam di dalam DNA-nya. Lewat laku keheningan, Setyo Hajar Dewantoro menyelami tangga-tangga pencerahan: Shanaya, shamballa, shangrilla, shalala, hingga menemukan secara otentik realitas merkaba, metatron hingga menyingkap tataran The Sun of Omniverse. Berdasarkan pengalaman otentik itulah, ia mengembangkan pengajaran dan menuliskan buku-buku spiritualitas yaitu: Medseba Meditasi Nusantara Kuna, Suwung Ajaran Rahasia Jawa Kuna, Sastrajendra Ilmu Kesempurnaan Jiwa yang diterbitkan Javanica, lalu Sangkan Paraning Dumadi, Jumbuh Kawula Gusti dan Tantra Yoga yang diterbitkan Mahadaya.

Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.

Setyo Hajar Dewantoro

Founder of Persaudaraan Matahari