Skip to main content
search
Pijar KesadaranSpiritual

7 HAL YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG LOC (LEVEL OF CONSCIOUSNESS)

23 July 2022 Persaudaraan Matahari No Comments

Level kesadaran atau Level of Consciousness (LoC) berkaitan erat dengan pencapaian pencerahan seseorang. Namun, sering disalahartikan maknanya ketika guru spiritual memberikan evaluasi berupa angka LoC. Berikut ini Guru Setyo Hajar Dewantoro menjelaskan tujuh hal yang harus diketahui tentang LoC.

 

1. LoC Beda dengan IQ, Beda Juga dengan Nilai Akademik

Meski sama-sama pakai angka, tapi LoC itu mengindikasikan kualitas jiwa, mengungkap kenyataan dari sesuatu yang sebenarnya non-empirik.  Sementara IQ hanya menunjukkan kecerdasan kognitif, demikian juga nilai akademik, hanya menunjukkan akumulasi dari nilai penyelesaian tugas akademik yang menggunakan rasionalitas manusia.

Nilai akademik tidak bisa menyingkap seseorang itu licik atau tulus, manipulatif atau jujur.  Angka LoC itu membawa kita mengerti spektrum keadaan kesadaran manusia yang relatif luas: keadaan luka batinnya, watak angkaranya, ilusinya, jejak dosanya, hingga kejernihan energinya. Berbeda dengan nilai akademik, angka LoC tak bisa dimanipulasi dengan cara apa pun.

 

2. Angka LoC itu Dinamis

Angka LoC hanya menunjukkan keadaan jiwa pada saat pengukuran dilakukan.  Dalam hitungan menit bahkan detik bisa berubah.  Angka ini sepenuhnya hanya bentuk umpan balik agar seorang pembelajar spiritual tahu dirinya sudah berjalan sejauh mana, dan tahu apa yang harus diperbaiki.

Semisal Anda diukur LoC-nya 500 pada satu waktu, tantangan Anda adalah mempertahankannya lewat hening yang konsisten.  Anda memilih tidak hening, dalam hitungan menit pasti merosot. Apalagi kalau angka itu muncul dalam keadaan khusus, di mana Anda habis di-boosting dengan energi kasih murni yang powerful, yang membawa Anda mencicipi satu keadaan surgawi …. sesaat.  Itu hadiah! Itu nggak bakalan stabil, kecuali Anda berjuang sangat keras memurnikan jiwa raga.  Makanya lumrah terjadi, habis ikut kajian/retreat saya, atau setelah ikuti panduan meditasi saya, LoC Anda bisa 300, 500, tapi beberapa hari kemudian balik ke aslinya kesadaran Anda, LoC di bawah 100.  Apalagi saat sisi gelap yang semula bersembunyi di Subconscious Mind dan Unconscious Mind muncul ke permukaan dan Anda gak bisa atasi, pasti ambrol tuh LoC.

 

3. Skala LoC Bisa Berubah

Dulu saya mengukur pakai skala David R Hawkins.  Lalu, saya pakai skala sendiri dikaitkan dengan pencapaian dimensi dalam struktur 31 dimensi.  Itu pun jelas berubah antara 2019 dan sekarang.  Dulu LoC 1000 itu artinya mencapai dimensi 12.  Sekarang saya pakai angka 1000 untuk yang mencapai dimensi 31.

Kalau ada yang bangga dengan pengukuran pada tahun 2019 karena saya sebut LoC-nya 1000, itu salahnya double:

Pertama, skala yg dipakai dulu sudah tidak saya pakai lagi. Kalau pun Anda selama 3 tahun benar-benar stabil dalam menjalani laku hening, sukses juga membereskan sisi gelap di subconscious mind dan unconscious mind yang dulu belum keluar, maksimal LoC Anda saat ini adalah 500.

Kedua, sudah jelas LoC dinamis, tidak berlaku selamanya, apalagi sampai 3 tahun. Saya kasih contoh, ada murid atau mantan murid yang saya ukur LoC-nya di 2019 adalah 1000/Dimensi 12, saat ini, 21 Juli 1022 jam 12.37 waktu Jerman, dengan skala terbaru, LoC-nya adalah 1 dan jiwanya menghuni dimensi 1. Itu jelas logis terjadi, karena dulu kena boosting-an, setelah itu tidak tekun meningkatkan kualitas hening dan rajin memurnikan jiwa raga.

 

4. Pengukuran LoC Belum Tentu Akurat Jika Pengukur Belum Jernih/Belum Tercerahkan

Metoda David R Hawkins dalam mengukur LoC adalah dengan kinesiologi/muscle test. Untuk memastikan obyektivitas, dia punya tim untuk mengkalibrasi atau memvalidasi satu hasil muscle test. Di Persaudaraaan Matahari, pengukuran LoC juga dengan kerja tim, ada proses kalibrasi/validasi.  Tapi, metodenya bukan cuma pakai muscle test.  Kita pakai muscle test untuk penguat saja, tapi utamanya adalah pakai Rasa Sejati yang memunculkan layar virtual berisi angka pengukuran. Jadi tanpa muscle test pun, misal, berapa LoC Cristiano Ronaldo pada 21 Juli 2022 jam 12.50 waktu Jerman? Di layar virtual langsung muncul: 170 dalam skala SHD.  LoCnya CR jauh lebih tinggi ketimbang LoC umumnya “guru spiritual” di Indonesia maupun di dunia.  (Tolong jangan kasih tahu CR ya, entar saya beken).

Nah, akurasi pengukuran dengan muscle test atau Rasa Sejati sangat tergantung pada kemurnian jiwa dari yang mengukur.  Kalau yang mengukur itu isi badannya iblis licik atau siluman idiot, ya nggak mungkin pengukurannya akurat.  Jika Anda mau ngukur LoC Anda, ya minta tolonglah ke yang sudah cukup tercerahkan, minimal LoC-nya beneran 500.

 

5. LoC Itu Umpan Balik, Bukan Penghakiman Abadi, Jangan Baper, Apalagi Ngambek Berkepanjangan

Berapa pun angka LoC Anda, yang harus Anda lakukan adalah perbaiki diri, tingkatkan ketekunan berlatih hening, belajar terus hening formal dan informal itu seperti apa yang berdampak pada pemurnian jiwa raga.   Kami yang menunjukkan LoC Anda sekian-sekian, tidak bermaksud menghina Anda, justru kami siap membantu Anda mencapai LoC tinggi dengan menunjukkan jalan yang benar sesuai pengalaman otentik.

Jadi, nggak usah baper, ngambek apalagi ngamuk jika dikasih tahu LoC-nya masih rendah.  Toh, LoC rendah tidak membuat Anda hilang hak sebagai warga negara dan manusia.  Yang diukur LoCnya tinggi, ya jangan sombong atau kendor heningnya.  Cuma butuh hitungan menit atau detik untuk anjlog dari LoC 600 ke LoC 10.

 

6. Gak Gampang Mencapai LoC 500…..

Sejak saya meniatkan belajar spiritual pada 2004, baru di 2019 saya beneran stabil mencapai LoC 500/Dimensi 12.  Padahal laku saya ekstrim untuk ukuran manusia modern: saya jalani bermacam-macam puasa, saya berkelana ke lebih dari 100 tempat yang disakralkan di Indonesia, masuk hutan/gunung dan kungkum tengah malam, dan seterusnya.  Ternyata di 2015 LoC saya nggak lebih dari 50.  Saya baru bertumbuh bener LoC-nya setelah fokus dan konsisten meniti jalan hening memurnikan jiwa raga sejak 2017.  Jadi, untuk bisa LoC 500 saja, Anda harus bereskan 5 faktor di 3 lapisan kesadaran. Bagi banyak orang ini laksana perjalanan melelahkan yang tak berujung.  Satu sigel (sisi gelap) diberesin, muncul sigel lainnya.  Hanya yang bertekad kuat, tulus, tekun, rendah hati dan pantang menyerah yang berhasil.

 

7. LoC Bisa Naik Kalau Kualitas Hening Anda Meningkat 

Jangan mimpi, cukup dengan ikut kajian/workshop/retrat, atau sesekali meditasi pejamkan mata (bahkan pakai panduan dari saya), LoC pasti naik pesat. Itu tidak mungkin!   Anda harus hening konsisten selama melek, 7 hari dalam seminggu, baru Anda punya peluang termurnikan jiwa raganya.  Anda harus rajin hening formal dengan benar, dengan kualitas hening yang terus naik, plus hening juga di jalanan, saat lihat cowok ganteng/cewek cantik, saat tanggal muda maupun tanggal tua.

Kami di Persaudaraan Matahari (PM) punya ukuran kualitas hening formal dan informal dengan skala 0%-100%.

1 % berarti spanneng atau pikiran sibuk.
5% mulai rileks, dekat ke gelombang alfa.
10% mulai masuk ke gelombang alfa, semakin dalam rileksnya.
Di atas itu makin bagus, makin terbuka gerbang penghubung dengan sumber kasih murni di dalam diri.

Jangan mimpi Anda bisa tercerahkan kalau saat duduk diam saja kualitas heningnya cuma 1%.

Jangan mimpi tercerahkan jika saat hening formal memang bisa mencapai kualitas 10% ke atas, tapi di jalan, kantor, kualitas heningnya konsisten di 1%.

Apakah paparan saya cukup jelas?

 

Setyo Hajar Dewantoro
22 Juli 2022

Share:
Close Menu
×

Rahayu!

Klik salah satu tim kami dan sampaikan pesan Anda

× Hai, Kami siap membantu Anda