Skip to main content
search
Ajaran Pencerahan

KESADARAN KRISTUS

18 January 2023 Setyo Hajar Dewantoro No Comments

Apakah Kesadaran Kristus itu? Apakah identik dengan ajaran Agama Kristen?  Jelas bukan.   Ini adalah ajaran spiritual yang tidak terbatasi oleh satu institusi dan organisasi.  Saya menuliskan Buku Kesadaran Kristus dengan semangat universalitas. Kesadaran Kristus sejatinya memang disampaikan oleh banyak tokoh agung di berbagai tempat dan era, bukan hanya oleh Yeshua Ha Mashiakh.

Intisari Kesadaran Kristus adalah ajakan kepada setiap manusia untuk mengerti tentang keilahian diri dan sadar penuh akan keberadaan Roh Kudus, Sang Penuntun Agung di dalam diri.

Roh Kudus atau Sang Penuntun Agung di dalam diri adalah manifestasi Tuhan di dalam diri kita sendiri. Ini salah satu dampaknya akan membuat kita mengetahui kebenaran sejati. Perlahan tapi pasti, kita akan bisa menyingkap segala bentuk ilusi yang tadinya mencengkeram pikiran kita.

Laku keheningan membawa setiap orang kepada kondisi tercerahkan dan salah satu faktor yang memang akan dibereskan lewat laku keheningan adalah soal ilusi yang mencengkram pikirannya. Dengan keheningan, betul-betul kita dibawa kepada kesadaran yang murni, di mana kita bisa terbebas dari segala prasangka-prasangka yang tidak realistis, tapi kita anggap sebagai kebenaran, di antaranya menyangkut keberadaan Tuhan.

Laku spiritual yang sesungguhnya atau jalan keheningan yang sejati itu tidak menyangkal keberadaan Tuhan, tetapi spiritualitas mengajak kita untuk tidak terjebak kepada prasangka-prasangka yang tidak realistis. Dalam relasinya dengan Tuhan, kita tidak dibawa untuk percaya sembarang percaya. Lewat laku keheningan,  setiap orang diajak untuk bisa mengalami momen otentik perjumpaan dengan Tuhan. Lewat laku keheningan, orang diajak untuk menyaksikan realitas Tuhan yang nyata. Lewat proses keheningan, kita akan tahu bahwa Tuhan sejatinya bukan satu sosok yang kemudian bisa dilabeli dengan segala macam watak emosi sebagaimana manusia. Lewat laku keheningan yang Anda jalankan, Anda akan mengerti bahwa sejatinya Tuhan adalah realitas yang tanpa batas, yang menjadi awal dari segala yang ada, yang tidak terbatasi oleh ruang dan waktu.

 

KESADARAN KRISTUS: JADIKAN AKU PEMANDUMU, TAPI JANGAN PERTUHANKAN AKU

Saat Aku menjadi manusia, Aku adalah pemimpinmu, Aku adalah pemandumu. Akan tetapi, jangan pernah samakan Aku dengan Sang Bapa yang menjadi sumber segalanya. Aku berkarya dengan kuasa dan kasihNya yang tanpa batas, tapi Aku tetaplah realitas dengan keterbatasan di dalam naungan keberadaanNya yang tanpa batas.

Ikutilah jalanKu, tetapi jangan pernah menyembahKu, mempertuhankan diriKu. Hormatilah Aku dengan berlaku setia kepada ajaranKu, tetapi jangan pernah menempatkan Aku sebagai tempatmu meminta pengabulan segala doa. Kekeliruanmu dalam memahami keberadaan dan peranKu, hanya membuatmu terjerumus di dalam pusaran kesesatan. Engkau tidak mungkin bersamaku menikmati kebahagiaan tertinggi jika di dalam kepalamu masih bertumpuk ilusi, termasuk ilusi terkait dengan kepercayaanmu yang keliru tentang diriKu.

Bukalah sepenuhnya pikiran dan hatimu, agar cahayaKu betul-betul menerangi kesadaranmu. Berendah hatilah dengan tidak berpegang secara kaku kepada kepercayaanmu, agar energi kasihKu bisa membawamu kepada jalan kebenaran sejati.

Luruhkan keakuanmu dengan menyatakan bahwa dirimu siap menerima segenap tuntunan Agung, agar Aku bisa mengajakmu menyelami samudera kedamaian sejati. Berserah dirilah saat Aku menggenggam tanganmu dan mengangkatmu menuju alam surgawi.

Setyo Hajar Dewantoro

 

Bila artikel ini menggetarkan hati Anda, dan Anda ingin mengetahui kesadaran diri Anda secara lebih mendalam, silakan tinggalkan pesan ke contact@persaudaraanmatahari.org

Share:
Close Menu
×

Rahayu!

Klik salah satu tim kami dan sampaikan pesan Anda

× Hai, Kami siap membantu Anda