Skip to main content
Setyo Hajar DewantoroSpiritualWedaran

Ilmu Tantra: Selesaikan Urusan Kebumian

8 February 2021 Setyo Hajar Dewantoro No Comments

Belajar spiritual itu tidak identik dengan hal-hal yang bersifat supranatural. Meskipun dalam belajar spiritual kita mengakui realitas supranatural. Yang pasti terjadi pada pembelajar spiritual adalah menemukan kebahagiaan yang nyata dalam keseharian. Ibarat membangun rumah, ketuntasan dalam belajar spiritual itu bermula dari menuntaskan pondasinya. Pondasi itu kita semakin terhubung penuh dengan Diri Sejati yang bersemayam di dalam diri. Jembatan untuk terhubung dengan Diri Sejati adalah napas. Pondasi berikutnya jiwa yang semakin termurnikan. Bukanlah sebuah petunjuk bahwa sukses dalam belajar spiritual itu ketika Anda bisa melihat hal-hal yang bersifat metafisika atau bisa berkata bijaksana. Indikator keberhasilan belajar spiritual adalah kita semakin terhubung dengan Diri Sejati sehingga kita mengalami kasih murni, bahagia, dan damai secara konstan.

Pastikan Anda bisa melampaui ke-aku-an. Pastikan Anda bisa menyembuhkan trauma dan luka batin. Pastikan Anda mampu menyirnakan keangkaramurkaan yang ada dalam diri Anda, baik yang bentuknya kasar maupun halus. Contoh keangkaramurkaan kasar adalah hobi menyakiti hati orang lain, sedangkan keangkaramurkaan halus yaitu memaksakan kemauan pribadi kepada Tuhan.

Pastikan di dalam diri Anda hanya ada hanya kasih murni. Segala langkah dituntun oleh Diri Sejati.

Pastikan diri Anda bebas dari segala jejak dosa yang sudah diperbuat sendiri. Sepengetahuan saya, tidak ada orang yang tidak pernah berbuat dosa. Mereka yang sudah tercerahkan pun pasti pernah berbuat dosa ketika ada dalam ketidaksadaran. Orang tercerahkan adalah mereka yang bisa membebaskan diri dari segala jejak dosanya. Caranya dengan meminta ampunan dan membakar dosa dengan api suci Ilahi.

Selain itu, Anda pastikan untuk tidak terjebak oleh ilusi, baik agama maupun pikiran sendiri. Saat Anda sudah terbebas dari ilusi agama, Anda malah membuat ilusi sendiri. Misalnya, menganggap Tuhan dan malaikat itu tidak ada atau di dalam pembelajaran spiritual tidak ada baik dan buruk. Itu ilusi. Pastikan Anda memahami Tuhan yang nyata, realitas multidimensi, dan hukum Semesta bekerja.

Pastikan secara energi, jangan sampai Anda kesambet atau ada makhluk dimensi bawah yang menempel pada tubuh Anda. Ilusi tentang entitas alam bawah atau kegelapan itu tidak ada–semua hanya tentang proyeksi pikiran–itu tidak benar. Nyatanya kita punya sisi gelap berupa keangkaramurkaan dalam diri. Di luar diri pun ada banyak keberadaan dengan frekuensi kesadaran yang berbeda-beda, dari yang rendah sampai tinggi. Jika Anda belajar spiritual tidak berhati-hati, Anda malah kesambet. Pastikan tubuh jadi kuil suci, hanya kuasa Tuhan yang bertakhta di dalam tubuh.

Memastikan diri murni secara pengetahuan, emosi, karma, dan energi adalah dasar-dasar ilmu Tantra. Untuk menjadi Tantrik sejati, kita tidak perlu melakukan laku yang seram atau brutal. Kita memurnikan jiwa dan raga dan semakin hidup dalam kebijaksanaan yang agung. Jika pondasi ini terpenuhi, maka akan terjadi transformasi.

Kebangkitan Kundalini dan terbukanya cakra yang paripurna adalah bagian dari proses-proses Anda yang semakin bertumbuh. Apakah Cakra Anahata bisa terbuka paripurna ketika Anda masih mempunyai sakit hati, dendam, dan luka batin? Tentu tidak. Cakra Solar Plexus pun tidak terbuka paripurna jika tidak menerima kehendak Tuhan, masih memiliki ambisi. Selanjutnya, Cakra Sex tidak akan terbuka paripurna jika masih punya trauma, terutama yang berkaitan dengan pasangan, pasti kreativitasnya terganggu. Cakra Dasar pun tidak selaras jika kita tidak punya hormat kepada Ibu Bumi.

Untuk menyelesaikan ini semua, hal-hal yang bersifat manusiawi harus dibereskan. Untuk itulah Semesta menuntun kita untuk membahas hal-hal yang bersifat manusiawi secara gamblang agar tidak lupa pada hal-hal yang bersifat sederhana. Jika Anda sudah membereskannya, secara natural, segala hal yang terjadi pada orang tercerahkan, pasti akan Anda alami pula. Misalnya, kebangkitan Kundalini, keselarasan energi feminim-maskulin, terhubung dengan tubuh kosmik, dan seterusnya.

Saya sudah melewati itu semua. Saya berharap Anda bisa mengikuti itu.

Pastikan hal-hal yang bersifat manusiawi bisa diselesaikan. Ilmu Langitan–Tubuh Kosmik, Metatron–akan bisa dimengerti jika Anda sudah beres dengan urusan-urusan yang berkaitan dengan kebumian. Jika tidak, itu hanya jadi teori saja. Ini adalah workshop spiritual yang membumi sebagai realitas dalam menjalani laku spiritual.

 

Workshop Mahadaya TantraYoga
Wedaran oleh Setyo Hajar Dewantoro
Jakarta, 31 Januari 2021

Share:
×

Rahayu!

Klik salah satu tim kami dan sampaikan pesan Anda

× Hai, Kami siap membantu Anda